PEDOMAN WAWANCARA
A.
Diskripsi Umum TPQ Yasinat
1.
Tahun berapakah TPQ Yasinat ini
berdiri?
2.
TPQ Yayasan Islam
Nahdlatuth Tholabah (Yasinat) sebagai sebuah lembaga pendidikan yang
lahir di komunitas pesantren tentunya memiliki fungsi-fungsi tertentu,
bisa jelaskan tentang hal ini?
3.
Bagaimana mekanisme penetapan guru-guru TPQ Yayasan Islam Nahdlatuth Tholabah (Yasinat) ?
B.
Pentingnya Manajemen Sumber Daya Pendidik
1.
Seberapa pentingkah Sumber daya pendidik “guru” bagi lembaga ini ? serta upaya
apakah yang dilakukan lembaga dalam hal ini ?
2.
Bagaimana pengelolaan sumber daya pendidik di lembaga ini ?
3.
Apakah fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia sudah
dilaksanakan semuanya di lembaga ini ?(perencanaan,
rekrutmen dan seleksi, penempatan, kompensasi)
C.
Perencanaan Sumber Daya Pendidik
1.
Sebagai kepala lembaga, apakah lembaga ini melakukan
perencanaan sumber daya pendidik ?
2.
Bagaimana proses perencanaan sumber daya pendidik di lembaga ini ?
3.
Apakah setiap tahun memerlukan
pendidik yang baru?
4.
Apa sebab-sebab lembaga ini membutuhkan pendidik
baru ?
5.
Sehubungan dengan kebutuhan akan pendidik di lembaga ini, adakah
sumber-sumber ketersediaan sumber daya pendidik ?
D.
Rekrutmen dan Seleksi Sumber Daya Pendidik
1.
Dalam rangka memperoleh pendidik baru, apakah lembaga ini perlu melakukan
rekrutmen ?
2.
Langkah- langkah apa saja yang dilakukan lembaga ini dalam aktivitas rekrutment ?
3.
Sumber rekrutmen bisa berupa santri-santri yang mondok disini, juga bisa
orang-orang baru yang belum pernah mondok disini, adakah yang
diprioritaskan ?
4.
Dalam melakukan seleksi pendidik baru, adakah
kreteria-kreteria tertentu yang digunakan lembaga ini ?
5.
Apa yang dilakukan lembaga dalam menentukan calon
pendidik baru ?
6.
Langkah-langkah apa saja yang dilakukan lembaga ini dalam proses
seleksi ?
E.
Orientasi dan Penempatan Sumber Daya Pendidik
1.
Apakah pihak lembaga melakukan orientasi kepada
guru baru dan bagaimana bentuk-bentuk orientasi yang dilakukan ?
2.
Apakah ada kreteria-kreteria tertentu dalam penempatan ?
F.
Kompensasi Sumber Daya Pendidik
1.
Dalam hal kompensasi, apakah lembaga benar-benar
memperhatikan kompensasi?
2.
Secara praktis, apa tujuan pemberian kompensasi ?
3.
Sejauh manakah pentingnya pemberian kompensasi ?
4.
Adakah pengaruh pemberian kompensasi terhadap kinerja guru ?
5.
Dalam aspek kepuasan, kira-kira puaskah bapak terhadap gaji
yang diterima selama ini ?
6.
Menurut ibu guru, apakah gaji yang diterima setiap tahunya
mengalami peningkatan jumlah ?
7.
Apa saja bentuk-bentuk kompensasi yang dilakukan oleh pihak lembaga ini ?
8.
Adakah kompensasi yang berbentuk nonfinansial yang dilakukan
oleh pihak lembaga ?
9.
Apa yang dilakukan pihak lembaga ini dalam rangka penentuan
jumlah gaji ?
0 komentar:
Posting Komentar