Rabu, 08 Maret 2017

CONTOH PEDOMAN WAWANCARA PENELITIAN



PEDOMAN WAWANCARA

A.    Diskripsi Umum TPQ Yasinat
1.      Tahun berapakah TPQ Yasinat ini berdiri?
2.      TPQ Yayasan Islam Nahdlatuth Tholabah (Yasinat) sebagai sebuah lembaga pendidikan yang lahir di komunitas pesantren tentunya memiliki fungsi-fungsi tertentu, bisa jelaskan tentang hal ini?
3.      Bagaimana mekanisme penetapan guru-guru TPQ Yayasan Islam Nahdlatuth Tholabah (Yasinat) ?

B.     Pentingnya Manajemen Sumber Daya Pendidik
1.      Seberapa pentingkah Sumber daya pendidik “guru” bagi lembaga ini ? serta upaya apakah yang dilakukan lembaga dalam hal ini ?
2.      Bagaimana pengelolaan sumber daya pendidik di lembaga ini ?
3.      Apakah fungsi-fungsi manajemen sumber daya manusia sudah dilaksanakan semuanya di lembaga ini ?(perencanaan, rekrutmen dan seleksi, penempatan, kompensasi)

C.    Perencanaan Sumber Daya Pendidik
1.      Sebagai kepala lembaga, apakah lembaga ini melakukan perencanaan sumber daya pendidik ?
2.      Bagaimana proses perencanaan sumber daya pendidik di lembaga ini ?
3.      Apakah setiap tahun memerlukan pendidik yang baru?
4.      Apa sebab-sebab lembaga ini membutuhkan pendidik baru ?
5.      Sehubungan dengan kebutuhan akan pendidik di lembaga ini, adakah sumber-sumber ketersediaan sumber daya pendidik ?
D.    Rekrutmen dan Seleksi Sumber Daya Pendidik
1.      Dalam rangka memperoleh pendidik baru, apakah lembaga ini perlu melakukan rekrutmen ?
2.      Langkah- langkah apa saja yang dilakukan lembaga ini dalam aktivitas rekrutment ?
3.      Sumber rekrutmen bisa berupa santri-santri yang mondok disini, juga bisa orang-orang baru yang belum pernah mondok disini, adakah yang diprioritaskan ?
4.      Dalam melakukan seleksi pendidik baru, adakah kreteria-kreteria tertentu yang digunakan lembaga ini ?
5.      Apa yang dilakukan lembaga dalam menentukan calon pendidik baru ?
6.      Langkah-langkah apa saja yang dilakukan lembaga ini dalam proses seleksi ?

E.     Orientasi dan Penempatan Sumber Daya Pendidik
1.      Apakah pihak lembaga melakukan orientasi kepada guru baru dan bagaimana bentuk-bentuk orientasi yang dilakukan ?
2.      Apakah ada kreteria-kreteria tertentu dalam penempatan ?

F.     Kompensasi Sumber Daya Pendidik
1.      Dalam hal kompensasi, apakah lembaga benar-benar memperhatikan kompensasi?
2.      Secara praktis, apa tujuan pemberian kompensasi ?
3.      Sejauh manakah pentingnya pemberian kompensasi ?
4.      Adakah pengaruh pemberian kompensasi terhadap kinerja guru ?
5.      Dalam aspek kepuasan, kira-kira puaskah bapak terhadap gaji yang diterima selama ini ?
6.      Menurut ibu guru, apakah gaji yang diterima setiap tahunya mengalami peningkatan jumlah ?
7.      Apa saja bentuk-bentuk kompensasi yang dilakukan oleh pihak lembaga ini ?
8.      Adakah kompensasi yang berbentuk nonfinansial yang dilakukan oleh pihak lembaga ?
9.      Apa yang dilakukan pihak lembaga ini dalam rangka penentuan jumlah gaji ?

0 komentar:

Posting Komentar