Rabu, 08 Maret 2017

CONTOH ABSTRAK TESIS



ABSTRAK

Fikri Farikhin.“Manajemen Sumber Daya Pendidik dalam Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Yasinat Jember)” 
Tesis Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana STAIN Jember, 2013

Kata-kata kunci: Manajemen, Sumber Daya Pendidik.

Di dalam Al-Qur’an, Allah berfirman “Bacalah Al-Qur’an dengan tartil (memelihara hukum Tajwid)”(73:4), ini mengindikasikan bahwa setiap Muslim dituntut untuk membaca Al-Qur’an dengan menggunakan kaidah yang benar. Dalam realita, banyak Guru Al-Qur’an yang belum menguasai kaidah-kaidah bacaan Al-Qur’an, lalu mereka mengajar Al-Qur’an kepada orang lain.
Bertolak dari paparan di atas, penulis tertarik untuk meneliti tentang pembelajaran Al-Qur’an. Khususnya Manajemen Sumberdaya Pendidiknya. Sebab, jika kualitas Guru Al-Qur’an tersebut kurang baik, maka output yang akan dihasilkan juga kurang baik.
Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 2) Bagaimana rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 3) Bagaimana orientasi dan penempatan sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 4) Bagaimana kompensasi sumber daya pendidik di TPQ Yasinat.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang: 1) Perencanaan sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 2) Rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 3) Orientasi dan penempatan sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 4) Kompensasi sumber daya pendidik di TPQ Yasinat.
Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui pengamatan di mana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi, wawancara dengan kepala lembaga, para guru dan Kepala Tata Usaha dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data ini menggunakan dua teknik keabsahan data, yaitu kridibelitas dan konfirmabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan; 1) Lembaga TPQ Yasinat telah mampu merancang dan menyusun perencanaan sumber daya pendidik secara sistematis. Hal ini terbukti adanya langkah-langkah yang dilakukan pihak lembaga dalam perencanaan sumber daya pendidik, yaitu : menganalisa faktor-faktor penyebab perubahan kebutuhan sumber daya pendidik, meramalkan kebutuhan sumber daya pendidik, menentukan kebutuhan sumber daya pendidik, menganalisa ketersediaan sumber daya pendidik. 2) Pola rekrutmen sumber daya pendidik dilakukan oleh Lembaga TPQ Yasinat dengan secara terbuka dan tertutup. Sedangkan pelaksanaan seleksi dianggap telah memenuhi unsur-unsur profesionalitas.3) Upaya TPQ Yasinat dalam memperkenalkan kondisi lingkungan, budaya, rekan kerja, tugas atau pekerjaan dilakukan dengan memberikan orientasi meski tidak formal. 4) Pengelolaan Kompensasi di TPQ Yasinat dengan cara menganalisa jabatan, mengevaluasi jabatan, mensurvei gaji dan menentukan tingkat gaji, baik kompensasi yang bersifat langsung maupun tidak langsung.

0 komentar:

Posting Komentar