ABSTRAK
Fikri Farikhin.“Manajemen Sumber Daya Pendidik dalam
Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Kasus di Taman Pendidikan Al-Qur’an Yasinat
Jember)”
Tesis Program Studi Pendidikan Islam, Program
Pascasarjana STAIN Jember, 2013
Kata-kata
kunci: Manajemen, Sumber Daya Pendidik.
Di dalam Al-Qur’an,
Allah berfirman “Bacalah Al-Qur’an dengan tartil (memelihara hukum
Tajwid)”(73:4), ini mengindikasikan bahwa setiap Muslim dituntut untuk membaca
Al-Qur’an dengan menggunakan kaidah yang benar. Dalam realita, banyak Guru
Al-Qur’an yang belum menguasai kaidah-kaidah bacaan Al-Qur’an, lalu mereka
mengajar Al-Qur’an kepada orang lain.
Bertolak dari paparan
di atas, penulis tertarik untuk meneliti tentang pembelajaran Al-Qur’an.
Khususnya Manajemen Sumberdaya Pendidiknya. Sebab, jika kualitas Guru Al-Qur’an
tersebut kurang baik, maka output yang akan dihasilkan juga kurang baik.
Fokus
Penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 2) Bagaimana rekrutmen dan
seleksi sumber daya pendidik di TPQ Yasinat.
3) Bagaimana orientasi dan penempatan sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 4) Bagaimana kompensasi sumber
daya pendidik di TPQ Yasinat.
Penelitian
ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang: 1)
Perencanaan sumber daya pendidik di TPQ
Yasinat. 2) Rekrutmen dan seleksi sumber daya pendidik di TPQ Yasinat. 3) Orientasi dan penempatan
sumber daya pendidik di TPQ Yasinat.
4) Kompensasi sumber daya pendidik di TPQ
Yasinat.
Penelitian
ini menggunaan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data
diperoleh melalui pengamatan di mana
peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi, wawancara
dengan kepala lembaga, para
guru dan Kepala Tata Usaha
dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data ini menggunakan dua teknik keabsahan data, yaitu
kridibelitas dan konfirmabilitas.
Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan; 1) Lembaga TPQ Yasinat telah mampu merancang dan menyusun
perencanaan sumber daya pendidik secara sistematis. Hal ini terbukti adanya
langkah-langkah yang dilakukan pihak lembaga dalam perencanaan sumber daya pendidik, yaitu : menganalisa
faktor-faktor penyebab perubahan kebutuhan sumber daya pendidik, meramalkan
kebutuhan sumber daya pendidik, menentukan kebutuhan sumber daya pendidik,
menganalisa ketersediaan sumber daya pendidik. 2) Pola rekrutmen sumber daya
pendidik dilakukan oleh Lembaga TPQ Yasinat dengan secara terbuka dan tertutup.
Sedangkan pelaksanaan seleksi dianggap telah memenuhi unsur-unsur
profesionalitas.3) Upaya TPQ Yasinat dalam memperkenalkan kondisi lingkungan,
budaya, rekan kerja, tugas atau pekerjaan dilakukan dengan memberikan orientasi
meski tidak formal. 4) Pengelolaan Kompensasi di TPQ Yasinat dengan cara
menganalisa jabatan, mengevaluasi jabatan, mensurvei gaji dan menentukan
tingkat gaji, baik kompensasi yang bersifat langsung maupun tidak langsung.
0 komentar:
Posting Komentar